Ibadah Hari Raya Pentakosta I dirangkaikan dengan Hari Persatuan P/KB GMIM Jemaat Daniel Karumenga, Minggu 28 Mei 2023

Kisah Para Rasul 2 : 1 – 13 | Tema Mingguan : “Kepenuhan Roh Kudus”

Dengan penuh syukur dan sukacita segenap Jemaat Daniel Karumenga beribadah di hari minggu yang mulia ini. Dan hari ini kita merayakan peristiwa Pencurahan Roh Kudus. Setelah para rasul dan murid-murid lainnya menyaksikan naiknya Tuhan Yesus ke sorga, mereka dengan bertekun dan bersehati dalam doa menantikan apa yang Yesus Kristus janjikan, yaitu Roh Kudus yang menjadi bukti bahwa Ia tetap bersama-sama dengan mereka. Roh Kudus sudah tercurah dan memenuhi kita sekalian. Kita pun diingatkan kembali bahwa Kabar Baik harus terus disiarkan, dan kuasa Roh Kudus-lah yang memampukan kita untuk menunaikannya.

Ibadah yang dipimpin oleh Pnt. Kalvin Longkutoy selaku Ketua Komisi P/KB Jemaat, bertepatan hari ini juga diperingati sebagai Hari Persatuan P/KB GMIM. Sebagai penyelenggara ibadah oleh Pria/Kaum Bapa. Selanjutnya, Firman yang disampaikan hendak memberi pesan kepada kita semua bahwa melaksanakan amanat agung Yesus Kristus adalah tugas dan tanggungjawab iman orang percaya yang diperlengkapi dengan segala karunia dalam tuntunan dan karya Roh Kudus. Kepenuhan Roh Kudus bagi semua orang percaya di hari Pentakosta merupakan penggenapan janji Tuhan Yesus Kristus. Sebagaimana para murid, di hari Pentakosta mengalami kepenuhan Roh Kudus sehingga mereka dapat berkata-kata dalam bahasa lain, sebagai salah satu manifestasi karya Roh Kudus. Kepenuhan Roh Kudus bertujuan untuk memberikan kuasa kepada para murid dan orang percaya mula-mula agar mampu dan berani bersaksi tentang Injil. Injil adalah puncak karya Tuhan Allah yang dikerjakan melalui dan di dalam Yesus Kristus.

Seseorang yang mengalami kepenuhan Roh Kudus (didalamnya mujizat berbahasa Roh/bahasa-bahasa lain, bernubuat, menyembuhkan), tujuan utamanya ialah memberitakan Injil. Apapun bentuk manifestasi karya Roh Kudus itu akan dilihat dan dinilai dari hasil atau buahnya. Sebab itu seseorang yang dipenuhi Roh Kudus akan selalu mementingkan Injil dan senantiasa bersukacita untuk memberitakannya serta dapat menghasilkan buah-buah Roh (Gal 5:22-23a).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *