Ibadah Hari Raya Paskah Jemaat Daniel Karumenga, 09 April 2023

Markus 16 : 1 – 8 | Tema Mingguan : “Yesus Sudah Bangkit, Percayalah”

Kebangkitan Yesus Kristus bukanlah hanya sebuah histori dan sebuah masa lalu, tetapi adalah sebuah hal penting bagi masa depan kehidupan beriman orang percaya. Kebangkitan Yesus Kristus justru sebagai titik mulai bagi kehidupan dalam pengharapan, sebab dengan kebangkitan Yesus Kristus iman percaya kita tidak sia-sia. Dalam pengharapan ini kita mengambil bagian beribadah di hari raya Paskah ini. Ibadah dipimpin oleh yang terkasih Pdt. Richard Mengko, M.Teol selaku wakil ketua BPMS GMIM Bidang Pembinaan dan Penggembalaan. Sebagai penyelenggara ibadah: MC oleh Pnt. Mario Longkutoy, S.Pd ; Kantoria oleh Sdri Injilia Saerang, Sdri Tesalonika Makarawung, S.PWK, Sdri Felicia Kolatung, S.Ked, Nissi Timbuleng.

Di hari yang bersukacita ini hendak disampaikan berita yang benar yakni Yesus Kristus bangkit dari antara orang mati. Namun, menyampaikan berita yang benar harus didukung bukti sehingga dipercaya oleh pendengar atau pembaca berita. Dalam hal iman, soal percaya mempunyai tantangan tersendiri, sebab iman tidak selalu berkaitan dengan bukti yang kelihatan, tetapi soal hubungan pribadi dengan Tuhan. Murid Yesus Kristus dan pengikut lainnya pada mulanya menunjukkan “Ketidakpercayaan” akan berita kebangkitan-Nya. Maria Magdalena dan Maria ibu Yakobus, serta Salome menyiapkan rempah-rempah untuk meminyaki jasad Yesus Kristus. Artinya mereka menganggap mayat Yesus Kristus masih di kubur dan
tidak bangkit. Oleh karena itu, Yesus Kristus menampakkan diri kepada murid-murid dan pengikut-Nya sebelum naik ke sorga, untuk membuktikan bahwa Ia benar-benar bangkit dari antara orang mati sesuai dengan perkataan-Nya. Gereja masa kini harus terus memberitakan kebangkitan Yesus Kristus agar yang belum percaya pada kebangkitan-Nya menjadi percaya dan yang percaya tetap teguh pada iman sehingga tidak akan menyangkal iman percaya pada Yesus Kristus yang mati, bangkit naik ke sorga dan akan datang kembali sebagai Hakim yang Adil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *