Ibadah Minggu Sengsara III Jemaat Daniel Karumenga, 12 Maret 2023

Lukas 22 : 24 – 38 | Tema Mingguan ” Iman Jangan Gugur Ketika Ditampi “

Eben Haezer “Sampai disini Tuhan menolong kita” suatu pernyataan iman yang mau mengingatkan bahwa sampai disini Tuhan menolong kehidupan kita bahkan sampai selama-lamanya Dia akan terus memberi pertolongan. Karena itu, pertolonganNya memberi kita motivasi untuk datang beribadah di gedung gereja GMIM Daniel karumenga dalam Penghayatan Minggu Sengsara ke-III.

Ibadah dipimpin oleh Pnt. Vecky Sepang selaku Penatua Jemaat Kolom 5, dengan penyelenggara ibadah MC oleh Dkn. Seska Sumilat Makangiras, Kantoria oleh Dkn. Donni Sambuaga, SP ; Dkn. Seska Sumilat Makangiras ; Dkn. Tyrone Sembel Manitik ; dan Tim Multimedia.

Firman yang akan kita renungkan di sepanjang minggu ini berbicara tentang Iman jangan gugur ketika ditampi. Kata “gugur” (Yunani: ekleipo) artinya berakhir, mati atau berhenti percaya. Kehidupan iman Simon Petrus ada dalam ancaman bahaya yang pada akhirnya membuat ia jatuh ke dalam dosa penyangkalan. Kendatipun demikian, imannya tidak gugur (mati/berhenti percaya) sebab terjadi penyesalan dan pertobatan. Yesus Kristus melihat bahwa Simon Petrus akan jatuh ke dalam pencobaan tetapi tidak sampai jatuh tergeletak dan gugur imannya. Pada penghayatan minggu sengsara yang ketiga ini, kita diingatkan supaya terus berjaga-jaga senantiasa sambil berdoa agar diberi kekuatan oleh Tuhan Allah untuk dapat bertahan dalam iman di tengah berbagai pencobaan dan penderitaan yang dihadapi dan dialami. Janganlah iman kita gugur dan berakhir dalam pertandingan hidup di dunia ini. Tetapi setialah sampai akhir hidup kita dan bertandinglah dalam pertandingan iman yang benar untuk merebut hidup yang kekal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *