Ibadah Minggu Bentuk II Jemaat Daniel Karumenga, 12 Februari 2023

Lukas 6 : 37 – 42 | Tema Mingguan : “Jangan Menghakimi Supaya Engkau Tidak Dihakimi”

Jangan menghakimi kalau tidak mau dihakimi ampunilah maka akan diampuni, inilah realitas hidup kita sebagai orang percaya. Dan sebagai bagian dari orang yang percaya, kita pun harus mengoreksi diri untuk semakin hari semakin diubahkan ke arah yang lebih baik. Memberi diri untuk beribadah di gedung gereja adalah wujud nyata tindakan yang menunjukkan hidup orang percaya.

Ibadah di minggu yang ke-2 di Bulan Februari ini dipimpin oleh Pnt. Meydie Sambuaga, ST selaku Sekretaris BPMJ dan Penatua Kolom 4. Sebagai penyelenggara ibadah oleh Jemaat Kolom 11 (MC : Dkn. Silvana Maki Longkutoy, ST; Keyboardis : Band Kolom 11 dan Bpk. Wem Banua; Kantoria : Ibu Festi Lasapu Rauw; Ibu Harlini Maki Sorongan; Ibu Meike Korompis Katuhe ; Ibu Amelia Mamesah Bawohan) dan Tim Multimedia.

Firman yang diberitakan merupakan pengajaran Yesus Kristus kepada murid-murid-Nya ketika berada di Galilea. Sikap dan perilaku yang menjadi sorotan utama adalah tentang menghakimi (menjadi hakim). Dalam bahasa Yunani disebut krinete dari akar kata krino. Yesus Kristus melihat bahwa ada krisis moral yang terjadi, di mana begitu sering orang saling menghakimi satu dengan yang lain. Tidak mau mengampuni hanya ingin diampuni dan bersifat munafik. Ya, orang percaya juga sering terjebak pada sikap menjadi “hakim” kepada saudaranya. Karena itu, diingatkan kembali dengan tegas untuk kita jangan cepat-cepat menghakimi orang lain. Jauhkanlah diri kita dari iri hati, cemburu, dengki, sirik sebagai sumber menuduh dan menghakimi orang lain dengan tidak adil dan benar.

Selanjutnya, memberi diri dan persembahan untuk pekerjaan Tuhan serta membantu orang lain adalah wujud nyata dari kasih kepada Tuhan Allah dan sesama. Sebab ukuran yang dipakai untuk memberi, ukuran itu juga yang akan dikembalikan kepada yang memberi. Maka, berilah dengan ketulusan hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *