Ibadah Minggu Bentuk IV Jemaat Daniel Karumenga, 22 Januari 2023

Filipi 2 : 1 – 11 | Tema Mingguan : “Yesus Kristus Adalah Tuhan”

Sudah sepatutnyalah kita mengucap syukur kepada Allah dan Bapa kita untuk setiap pekerjaan tanganNya yang boleh menyertai kehidupan setiap anggota jemaat GMIM Daniel Karumenga sehingga boleh bersekutu, bersaksi dan melayani dalam peribadatan di gedung gereja. Ibadah yang dimulai pukul 09.00 WITA ini dipimpin oleh Pnt. Kevin Goni, SH selaku Ketua Komisi Pelayanan Pemuda Jemaat Nafiri Tempang dan dalam kapasitasnya sebagai Ketua Komisi Pelayanan Pemuda Wilayah Langowan Dua.

Untuk diketahui, yang menjadi penyelenggara ibadah: MC (Pnt. Meydi Sambuaga, ST) ; Kantoria (Sdri Felicia Kolatung, S.Ked, Sdri Isabella Runtuwene, S.Kep.Ns, Sdri Milka Timbuleng, Sdri Nissi Timbuleng) ; Keyboardis (Pnt. Agrifina Pangkey, S.Si) dan Tim Multimedia.

Selanjutnya, Firman yang diberitakan menggambarkan tentang Jemaat Filipi sedang terancam bahaya perpecahan karena keegoisan: masing-masing mempertahankan kepentingan diri  sendiri, mencari puji-pujian bagi diri sendiri, menganggap diri sendiri paling utama dari orang lain. Mereka terusik dengan kehadiran orang-orang yang menentang dan memusuhi Injil Kristus. Menghadapi situasi dan kondisi ini, ditambah lagi dengan perselisihan yang terjadi di antara hamba-hamba Tuhan, maka rasul Paulus menasihati mereka supaya bersatu dan merendahkan diri. Ada empat hal yang ditekankannya: Pertama, nasihat. Kedua, penghiburan. Ketiga, persekutuan. Keempat, kasih mesra. Rasul Paulus meminta kepada jemaat agar menyempurnakan sukacitanya melalui cara hidup dengan sehati sepikir (phronein) supaya mereka dipenuhi dan dipimpin oleh perasaan, pikiran, keinginan, dorongan, kasih dan tujuan yang sama. Ia mendorong jemaat supaya bersikap rendah hati menganggap yang lain lebih utama dari pada dirinya sendiri.

Sama seperti Tuhan Yesus yang telah merendahkan diri-Nya sendiri dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib. Inilah bukti ketaatanNya pada Bapa. Maka, taat dan setialah seperti Tuhan, berilah dirimu untuk beribadah dan berlaku sesuai kehendakNya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *